Kemilau Usaha Tiram Mutiara dari Sumba

  • Share
Kemilau Usaha Tiram Mutiara dari Sumba

Dmarket.co.id – Selain emas, mutiara terus menjadi incaran bagi sejumlah penggemar khususnya para wanita. Batu keras yang biasanya berwarna putih ini biasa digunakan untuk pemanis anting, gelang, kalung, maupun aksesoris lainnya. Bahkan untuk memenuhi tingginya permintaan, kini mutiara banyak di budidayakan.

Di Desa Pulau Kaung Kecamatan Buer, Sumbawa, NTB, tiram mutiara (pinctada maxima) menjadi komoditas unggulan yang didorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk terus dibudidayakan. Nilai ekonominya yang tinggi, diharapkan dapat menjadi penyumbang pendapatan bagi masyarakat.

Di luas lahan pemanfaatan 100 ha, sebanyak 15 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) kini membudidayakan tiram mutiara di sela aktivitasnya menangkap ikan di laut. Adapun untuk proses budidaya yang dilakukan secara langsung oleh masyarakat hanyalah proses pembesaran anakan, yaitu dari benih tiram muda dalam bentuk lembaran kolektor atau jaring yang berisi 300-500 ekor kerang.

“Budidaya tiram mutiara dilakukan melalui empat tahapan proses, yaitu pemijahan induk, perawatan larva, pembesaran anakan, serta produksi mutiara. Di Pulau Kaung sendiri hanya dilakukan proses pembesaran anakan karena masih terkendalanya sarana untuk mendukung kegiatan pembudidayaan,” tutur Andi Mala Rangeng Penyuluh Perikanan Sumbawa.

Budidaya Tiram Mutiara menjadi komoditas unggulan di Desa Pulau Kaung Kecamatan Buer, Sumbawa, NTB yang bernilai ekonomi tinggi dan diharapkan dapat menjadi penyumbang pendapatan bagi masyarakat. (LPMUKP for Dmarket.co.id)

Proses pembesaran tiram mutiara terbilang tidak rumit, hanya dengan dikaitkan pada pocket yang berbentuk kawat besi persegi lalu ditenggelamkan ke laut, tiram sudah bisa tumbuh. Tiram anakan dibudidayakan pada kedalaman 20-30 m dengan kondisi gelombang air yang tenang. Adapun untuk memastikan tiram tumbuh baik, setiap bulan dilakukan pengecekan terhadap pocket.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



#Kemilau #Usaha #Tiram #Mutiara #dari #Sumba

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.