Wimboh Optimisistis OJK Mampu Terus Jaga Stabilitas Sistem Keuangan

  • Share
Jaga Tata Kelola, OJK Larang Stakeholders Beri Bingkisan Lebaran 2022

Dmarket.co.id – Mantan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso yang baru saja menyelesaikan tugasnya hari ini, Rabu, berkeyakinan OJK mampu mempertahankan berbagai pencapaian dan menjaga stabilitas sistem keuangan ke depan.

“Kami yakin dan percaya berbagai pencapaian yang telah dicapai di masa lalu akan dapat tetap berlanjut di periode berikutnya. Sekiranya terdapat ruang-ruang penyempurnaan, tentu hal tersebut dapat terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan organisasi serta kepentingan bangsa dan negara ke depan,” katanya dalam Sertijab Anggota Dewan Komisioner OJK 2022-2027 sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Rabu (20/7).

Selama periode 2017-2022, stabilitas sektor jasa keuangan dapat terjaga dengan baik sekalipun di tengah pandemi Covid-19, karena OJK terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan.

Di industri perbankan, selama lima tahun masa kepemimpinan Wimboh, pengawasan bank sudah semakin membaik sebagaimana tercermin dari kinerja penyaluran kredit perbankan yang tumbuh 9,03 persen secara tahunan pada Mei 2022.

“Rasio kecukupan modal perbankan per Mei 2022 tercatat meningkat di level 24,74 persen dengan profil risiko perbankan juga masih berada di bawah threshold yaitu 3,04 persen,” katanya.

Sampai Mei 2022, nilai kredit yang direstrukturisasi juga telah semakin berkurang menjadi Rp 596,25 triliun, sementara rasio Cadangan Kerugian Pengurangan Nilai (CKPN) meningkat menjadi 20,43 persen atau naik dibandingkan pada April 2022 yang sebesar 19,42 persen.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Antara



#Wimboh #Optimisistis #OJK #Mampu #Terus #Jaga #Stabilitas #Sistem #Keuangan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.