Tutup AOE 2022 Mendag Janji Siap Pasarkan Produk UMKM ke Pasar Global

  • Share
Tutup AOE 2022 Mendag Janji Siap Pasarkan Produk UMKM ke Pasar Global

Dmarket.co.id – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengapresiasi gelaran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 dan menyatakan siap membantu memasarkan produk-produk UKM ke pasar internasional. Ajang pameran sangat penting untuk memperkenalkan produk unggulan Indonesia kepada dunia luar.

“Pameran ini penting untuk memperkenalkan produk-produk unggulan kita. Dari pameran inilah kita bisa mendapatkan data-data buyer maupun investor yang nanti bisa ditindaklanjuti menjadi konsumen besar. Sekali lagi apresiasi untuk Apkasi, tambah sukses dan jaya selalu,” ujar Zulhas saat menutup AOE 2022 di JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/07).

Zulhas, sapaan Menteri Perdagangan ini menyatakan kondisi perekonomian semakin kondusif setelah melewati 2 tahun pandemi. Namun ia tetap mengingatkan semua pihak tetap waspada, dengan terus membiasakan diri dengan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat.

“Walaupun pandemi berlangsung 2 tahun, ekonomi Indonesia masih tumbuh di atas 5%, lebih baik dibanding Tiongkok 4,8%, Singapura 3,4%, Korea Selatan 3,07% yang bahkan AS pun hanya 4,29%. Kalau hari ini PDB kita USD 1,3 triliun maka 20 tahun lagi diharapkan bisa mencapai USD 3.500 hingga USD 4.000 triliun dan kalau sudah masuk ke USD 4.000 Indonesia akan masuk ke tataran negara maju di dunia, insya Allah,” katanya.

Menariknya, sambung Zulhas, yang menopang ekonomi nasional ini adalah sektor UMKM, sebanyak 61% dengan menyumbangkan serapan tenaga kerja sebanyak 97%. Untuk itu, lanjutnya, Kementerian Perdagangan mengembangkan apa yang disebut jalan tol-way agar UMKM ini baik di dalam dan luar bisa berkembang dengan cepat.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal Apkasi, Adnan Purichta Ichsan memberikan pengantar sambutan bahwa Apkasi menghadirkan pameran AOE 2022 untuk menjawab tantangan yang ada. “Kami melihat bahwa kebangkitan ekonomi di tanah air ini sudah tampak di depan mata. Melalui kegiatan ini, mari kita menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional yang dimulai dengan menggerakkan ekonomi di daerah-daerah,” kata Bupati Gowa ini.

Dalam pameran tiga hari ini, kata Adnan, pemerintah kabupaten menampilkan produk-produk unggulan maupun potensi investasi. Ia mengatakan, “Dari kegiatan ini kita berharap bisa melirik dan dilirik oleh buyer dan investor besar yang mau membeli dan menginvestasikan di daerah, yang berdampak positif munculnya kegiatan ekonomi baru, penyerapan tenaga kerja sehingga ini akan menekan kemiskinan dan pengangguran.”

Sementara itu, Ketua Penyelenggara AOE 2022, Sarman Simanjorang menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan pameran dan rangkaian kegiatan lain, dengan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman, lancar dan nyaman.

Sarman melaporkan bahwa pelaksanaan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian telah rampung yang selama kegiatan berlangsung, selain kegiatan pameran dan eksibisi juga diselenggarakan berbagai side event yang bisa diikuti oleh para perserta pameran dari pemerintah kabupaten seperti Executive Dialogue yang merupakan kerjasama Apkasi dengan kaukus pembangunan lestarinya, yakni Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

Editor : Mohamad Nur Asikin



#Tutup #AOE #Mendag #Janji #Siap #Pasarkan #Produk #UMKM #Pasar #Global

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version