Sudah Bukan Zamannya Lagi Antarbank BUMN Rebutan Nasabah

  • Share
Erick Sebut Investor UEA Tertarik IKN, Wisata Bahari, hingga Finansial

Dmarket.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat jempol atas performa ciamik bank-bank pelat merah atau himpunan bank negara (Himbara) sepanjang semester I 2022. Di tengah tantangan perekonomian global, Erick menyebut keempat bank negara menunjukkan kinerja yang impresif.

Hal ini dapat terlihat dari capaian laba bersih PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang menyentuh Rp 24,88 triliun sepanjang semester I 2022. Laba tersebut tumbuh 98,38 persen secara year on year (yoy).

Lalu ada Bank Mandiri dengan lonjakan laba bersih hingga 61,7 persen yoy atau sebesar Rp 20,2 triliun pada semester I 2022. BTN yang dalam lima bulan pertama berhasil membukukan laba sebesar Rp 1,06 triliun atau naik 49,19 persen yoy dari Rp 716,44 miliar.

“Hari ini kita bisa lihat, laba BNI naik 75 persen dari Rp 5 triliun menjadi Rp 8,8 triliun pada semester I 2022. Bahkan kalau kita lihat, pertumbuhan kinerja organik berbasis layanan digital yang dilakukan BNI menghasilkan Pre-Provisioning Operating Profit (PPOP) atau pendapatan operasional sebelum pencadangan yang kuat dan tertinggi dalam sejarah kinerja BNI. Tentu ini pencapaian yang begitu luar biasa dari bank-bank kebanggaan negeri,” ujar Erick di Jakarta, Sabtu (30/7).

Erick menilai melesatnya laba bersih bank-bank BUMN menjadi bukti transformasi yang dijalankan para direksi dan komisaris berkontribusi besar dalam peningkatan kinerja. Erick menyebut transformasi, baik dari proses bisnis hingga digitalisasi, membuat cara kerja perbankan BUMN menjadi lebih efisien.

Hal ini terlihat dari penurunan biaya operasional, beban dana yang terjaga, dan kualitas kredit yang terus membaik. “Alhamdulillah berkat transformasi dan digitalisasi, bank-bank BUMN bisa bekerja lebih efektif dan efisien dengan hasilnya yang bisa kita saksikan bersama-sama saat ini,” lanjut pria kelahiran Jakarta tersebut.



#Sudah #Bukan #Zamannya #Lagi #Antarbank #BUMN #Rebutan #Nasabah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.