Tak Layak Dilanjutkan sebab Nirpartisipasi IHT

  • Share
Tak Layak Dilanjutkan sebab Nirpartisipasi IHT

Dmarket.co.id – Usulan revisi Peraturan Pemerintah (PP) 109/2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan dinilai tak layak dilanjutkan. Itu lantaran tidak adanya partisipasi pelaku industri hasil tembakau (IHT) sebagai objek terdampak implementasi regulasi.

Sejumlah pihak menduga ada kesengajaan untuk tidak melibatkan ekosistem IHT dalam proses revisi ini. Pakar Kebijakan Publik Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI) Riant Nugroho menjelaskan, pelibatan objek kebijakan dalam penyusunan kebijakan publik merupakan hal sangat krusial.

Oleh karenanya, pelibatan para pelaku IHT perlu dilakukan sejak awal proses revisi PP 109/2012. “Sebagai objek kebijakan, pelaku IHT harus dilibatkan dari proses awal, penyusunan naskah akademik, hingga keseluruhan proses. Apabila tidak ada keterlibatan dari objek kebijakan secara proses administrasi publik, kebijakan yang dibuat tidak memenuhi kelayakan,” paparnya dalam keterangan, Rabu (3/8).

Dalam prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, akuntabilitas memastikan adanya komunikasi secara detail, rinci, dan komprehensif dengan setiap pihak yang menjadi bagian atau objek dari kebijakan tersebut. Sayangnya, Riant melihat, aspek ini kerap terlupakan oleh pembuat kebijakan publik, khususnya pemerintah.

Pembuat kebijakan hanya fokus terhadap aspek responsibilitas, yaitu agar kebijakan-kebijakan yang telah dijadwalkan bisa rampung pada waktu dan sesuai anggaran yang ditentukan. Karena ini pula, sejumlah proses pembuatan kebijakan publik hanya menjadi afirmasi terhadap ide maupun gagasan yang disusun pemerintah.

Hal ini misalnya tecermin dari proses konsultasi maupun uji publik yang tak sesuai dengan amanat undang-undang, dan tidak mampu memotret kenyataan di lapangan. Uji publik yang tidak inklusif dikhawatirkan hanya akan menghasilkan kebijakan yang tidak menjadi solusi yang mengena pada kebutuhan masyarakat luas.



#Tak #Layak #Dilanjutkan #sebab #Nirpartisipasi #IHT

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.