Langkah Tim Pembina Samsat Pacu Kepatuhan Masyarakat Membayar Pajak

  • Share
Langkah Tim Pembina Samsat Pacu Kepatuhan Masyarakat Membayar Pajak

Dmarket.co.id – Kementerian Dalam Negeri, Korlantas Polri dan PT Jasa Raharja yang tergabung dalam Tim Pembina Samsat gencar melakukan sosialisasi untuk mengingatkan kepatuhan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Data PT Jasa Raharja mencatat masih ada 40 juta atau 39 persen kendaraan bermotor yang belum melakukan pembayaran PKB.

Tim Pembina Samsat melalui peran Sekretariat Bersama Pembina Samsat Nasional, terus mendorong pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pembayaran pajak dan registrasi ulang kendaraannya.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengatakan Sekretariat Bersama Pembina Samsat Nasional terus memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya dan manfaat membayar PKB.

“Kita juga mengirimkan informasi berupa surat pemberi tahuan masa berlaku pajak kendaraan kepada wajib pajak dan mengingatkan masyarakat atas masa berlaku pajak,” kata Rivan.

Rivan mengatakan, upaya tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi dibentuknya Sekretariat Bersama Pembina Samsat Nasional sebagai command center atau salah satu upaya penguatan pengawasan dalam rangka mengoptimalkan potensi penerimaan pendapatan negara dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

“Untuk kendaraan yang tidak melakukan registrasi ulang, nantinya data kendaraannya dapat dilakukan penghapusan,” ujar Rivan.

Editor : Mohamad Nur Asikin



#Langkah #Tim #Pembina #Samsat #Pacu #Kepatuhan #Masyarakat #Membayar #Pajak

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version