RAPBN 2023 Sebesar Rp 3.041,7 Triliun, Berikut Rincian dari Jokowi

  • Share
RAPBN 2023 Sebesar Rp 3.041,7 Triliun, Berikut Rincian dari Jokowi

Dmarket.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan total rancangan anggaran belanja negara (RAPBN) 2023 mencapai Rp 3.041,7 triliun.

Jokowi merinci, RAPBN Rp 3.041,7 triliun meliputi belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp 2.230,0 triliun; transfer daerah Rp 811,7 triliun; anggaran kesehatan Rp 169,8 triliun atau 5,6 persen dari belanja negara.

“Anggaran tersebut akan diarahkan untuk melanjutkan penanganan pandemi, reformasi sistem kesehatan, percepatan penurunan stunting, serta kesinambungan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional),” ujar Jokowi dalam pidato RAPBN 2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Selanjutnya, mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut, anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp 479,1 triliun. Anggaran itu untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya, dalam jangka panjang diharapkan akan mampu memotong rantai kemiskinan.

Kemudian terdapat Rp 608,3 triliun. Anggaran sebanyak itu dialokasikan untuk peningkatan produktivitas dan kualitas SDM, dan anggaran pendidikan.

Mantan wali Kota Solo menginginkan Indonesia mampu memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi. “Kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia dan menjaga jati diri budaya bangsa,” pungkas Jokowi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan



#RAPBN #Sebesar #Triliun #Berikut #Rincian #dari #Jokowi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version