Anggaran Subsidi Tambah Rp 198 Triliun Bila BBM Tak Naik

  • Share
Anggaran Subsidi Tambah Rp 198 Triliun Bila BBM Tak Naik

Dmarket.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan anggaran subsidi akan bertambah Rp 198 triliun bila harga BBM bersubsidi tidak dinaikkan.

Hal tersebut disampaikan Menkeu berdasarkan perhitungan terkait proyeksi dampak konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi hingga akhir tahun meliputi Pertalite dan Solar.

“Kita perkirakan subsidi harus nambah, bahkan mencapai Rp198 triliun. Kalau kita tidak menaikkan BBM, tidak dilakukan apa-apa, tidak dilakukan pembatasan maka (subsidi) Rp 502 triliun tidak akan cukup. Nambah lagi bisa mencapai Rp 698 triliun,” kata Sri Mulyani kepada wartawan usai Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR, Selasa (23/8).

Ia menjelaskan tambahan subsidi sebesar itu baru mempertimbangkan jika tidak ada kenaikan harga Pertalite dan Solar.

Lebih lanjut, bendahara negara ini menjelaskan kebutuhan tambahan subsidi itu didasarkan pada proyeksi konsumsi Pertalite dan Solar sampai akhir tahun yang mencapai 29 juta kiloliter. Sedangkan subsidi dan kompensasi energi sudah ditetapkan di Perpres nomor 98 hanya sebesar Rp 502 triliun.

Ia memaparkan, meskipun ada tren penurunan harga minyak mentah di pasar global sejak Juli lalu, tapi harganya masih di kisaran atas USD 100 per barel.

“Harga minyak itu kan naik turun antara USD 100, USD 106, USD 102 begitu,” paparnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin



#Anggaran #Subsidi #Tambah #Triliun #Bila #BBM #Tak #Naik

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version