Sri Mulyani Pastikan Subsidi BBM Bengkak Lebih dari Rp 502 Triliun

  • Share
Sri Mulyani Pastikan Subsidi BBM Bengkak Lebih dari Rp 502 Triliun

Dmarket.co.id-Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memperkirakan anggaran kompensasi dan subsidi energi tahun ini akan membengkak lebih dari Rp 502,4 triliun.

Ia menyebut ada dua hal yang mendasari, yakni nilai tukar Dollar yang tinggi dan kenaikan harga minyak dunia (ICP). “Nilai tukar (Dollar) saja sudah naik, bukan Rp 14.450 lagi tapi naik di Rp 14.750 berarti kan (subsidi) nambah lagi jadinya,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Kerja Komite IV DPD RI, Kamis (25/8/2022).

Ia juga menjelaskan, kenaikan harga minyak dunia sangat berpengaruh terhadap anggaran subsidi BBM ini. Terlebih, saat anggaran diajukan pertama ke DPR, asumsi minyak masih di angka USD 100 per barel.

Sementara, faktanya, per Januari sampai dengan Juli 2022, harga rata-rata ICP sebesar USD 105 per barel. Oleh sebab itu kemudian, pihaknya menambah tiga kali lipat subsidi yang awalnya sebesar Rp158 triliun menjadi Rp 502 triliun.

“Kami waktu menyampaikan ke DPR untuk menambah anggaran subsidi kita menggunakan asumsi 100 Dollar per barel. (Sementara) Januari sampai dengan Juli ini harga rata-rata dari ICP itu di USD 105 per barel jadi ada beda 5 Dollar,” jelasnya. “Karena beda yang besar inilah maka waktu kami menyampaikan ke DPR waktu itu subsidi hanya dianggarkan sekitar Rp 158 triliun jelas sangat tidak cukup,” ucapnya.

Meski begitu ia memastikan, anggaran subsidi yang ditambah hanya untuk kuota BBM tahun ini dengan rincian pertalite sebesar 23 juta dan solar 15,1 juta. Sebab jika lebih dari kuota tersebut, pihaknya perlu memikirkan penambahan subsidi BBM lebih banyak. “Kalau nambah (kuota BBM) dari mana anggarannya suruh ngutang?,” tukasnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani memperkirakan kenaikan subsidi energi mencapai Rp 198 triliun, mendekati angka Rp 700 triliun. Angka ini setara 23 persen dari total APBN 2022 dan disebut jauh lebih tinggi dari batas wajib alokasi APBN untuk pendidikan yang sebesar 20 persen per tahun. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



#Sri #Mulyani #Pastikan #Subsidi #BBM #Bengkak #Lebih #dari #Triliun

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version