Asosiasi Pengusaha Travel Umrah ‘Bersathu’ Tolak Skema Umrah B to C

  • Share
Asosiasi Pengusaha Travel Umrah

Dmarket.co.id – Skema penjualan paket umrah business to customer (B to C) yang digulirkan pemerintah Arab Saudi, dinilai tidak cocok dengan budaya atau kultur Indonesia. Sejumlah penyelenggara perjalanan ibadah Umrah (PPIU) pun kompak menolak skema tersebut.

Ketua Umum Kebersamaan Pengusaha Travel Haji dan Umrah (Bersathu) Wawan Suhada mengungkapkan bahwa skema B to C dalam penjualan paket ibadah umrah sudah didesain oleh otoritas Saudi. Untuk itu, seluruh travel umrah di Indonesia harus bersiap diri dan dituntut berubah menyesuaikan regulasi di Saudi.

“Tapi kita tidak menyangka, perubahan skema menjadi B to C ini seperti bola liar. Yang tidak bisa dikendalikan oleh pemerintah Indonesia sekalipun,” tuturnya Kamis (22/9).

Wawan mengatakan semestinya Arab Saudi mempertimbangkan dan menghargai kebijakan penyelenggaraan umrah di tiap-tiap negara. Menurut Wawan dalam penyelenggaraan ibadah umrah ada sejumlah aspek penting yang harus dijalankan. Diantaranya adalah aspek bimbingan ibadah dan perlindungan warga negara.

Dengan adanya skema B to C tersebut, dikhawatirkan aspek bimbingan ibadah tidak bisa dipenuhi. Sebab siapa yang nantinya melakukan bimbingan ibadah, tidak bisa dikontrol oleh pemerintah.

Dia mengatakan, skema B to C dalam penyelenggaraan umrah mungkin bisa cocok diterapkan di negara dengan jamaah umrah kecil. Contohnya Malaysia, Singapura, atau Filipina.

Tetapi untuk Indonesia dengan jumlah jamaah besar dan kondisi kultur, sosial, dan ekonomi beragam, skema B to C tersebut tidak cocok. Wawan mengungkapkan hingga detik ini Kemenag memutuskan yang berhak memberangkatkan jamaah umrah adalah PPIU resmi berizin Kemenag.

Pemberangkatan umrah tidak boleh dilakukan secara perorangan maupun pihak-pihak yang mengaku sebagai PPIU resmi. Dia juga berharap pemerintah segera mengantisipasi disrupsi regulasi umrah oleh pemerintah Saudi tersebut.

Diantaranya melakukan revisi UU penyelenggaraan ibadah umrah dan haji. Sehingga setiap keberangkatan jemaah umrah bisa memenuhi aspek bimbingan, perlindungan, dan lainnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Hilmi Setiawan



#Asosiasi #Pengusaha #Travel #Umrah #Bersathu #Tolak #Skema #Umrah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.