Konversi ke Kompor Listrik Tak Hilangkan Elpiji

  • Share
Konversi ke Kompor Listrik Tak Hilangkan Elpiji

Dmarket.co.id – Wacana migrasi dari kompor gas ke listrik sempat menyulut pro-kontra. Menteri BUMN Erick Thohir pun memastikan wacana itu akan diimplementasikan dengan asas yang berimbang dan tidak akan menghilangkan penggunaan bahan bakar elpiji.

“Pak Presiden menginginkan market (kompor) tidak memonopoli listrik, tetapi tetap terjaga keseimbangannya,” ujarnya Rabu (21/9).

Program konversi ke kompor listrik merupakan implementasi transisi ke energi ramah lingkungan. Namun, kompor gas tidak akan dihapus. Terlebih, kompor gas masih banyak diperlukan masyarakat maupun UMKM.

“Karena masyarakat kita yang di bawah, pedagang asongan, dan lain-lain, harus ada alternatif penggunaan kompor,” imbuhnya.

Kompor elpiji maupun listrik merupakan bagian dari ekonomi Indonesia. Karena itu, keduanya harus tetap ada dan saling berdampingan dengan seimbang. Nanti ada batu bara yang digasifikasi untuk DME atau dimethyl ether.

Terkait dengan demand, mantan bos Inter Milan itu menyebutkan bahwa hingga kini permintaan terhadap kompor listrik terus bertumbuh. Apalagi jika dikaitkan dengan gaya hidup ramah lingkungan dan kemudahan yang ditawarkan.

“Saat ini kami mendorong di apartemen dan rumah yang dibangun perusahaan-perusahaan BUMN memanfaatkan kompor listrik,” tuturnya.

Dirut PLN Darmawan Prasodjo menambahkan, penggunaan kompor listrik memang lebih efisien daripada berbahan bakar elpiji. Jika dikalkulasikan, konversi itu bisa menghemat Rp 8.000 per kg.

“Tentu saja dengan adanya penghematan ini, kita mengubah energi impor dengan energi domestik, kemudian juga energi yang mahal menjadi lebih murah,” tuturnya.



#Konversi #Kompor #Listrik #Tak #Hilangkan #Elpiji

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.