BI Naikkan Suku Bunga Acuan 50 Bps, Begini Respons Sri Mulyani

  • Share
BI Naikkan Suku Bunga Acuan 50 Bps, Begini Respons Sri Mulyani

Jawa Pos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merespons soal keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) pada Kamis (23/9) kemarin. Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan pilihan tepat untuk menghadapi kondisi ekonomi di tengah gejolak global ditengah kenaikan suku bunga The Fed.

“BI pasti tahu apa yang akan dilakukan,” kata Sri Mulyani ditemui di Gedung Dhanapala KementeriaN Keuangan, Jakarta.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur BI memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI 7-Days Repo Rate (BI7DDR) sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25 persen.

Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo hal ini dilakukan sebagai langkah front-loaded, pre-emptive, dan forward looking dalam menurunkan ekspektasi inflasi dan inflasi inti.

“Untuk memastikan inflasi inti kembali ke kisaran sasaran, yaitu 3 persen plus minus 1 persen pada paruh kedua tahun 2023,” tutur Perry saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/9).

Selain mengerek suku bunga acuan, BI juga menaikkan suku bunga deposit facility sebesar 50 bps menjadi 3,5 persen dan suku bunga lending facility sebesar 50 bps menjadi 5 persen.

Tak hanya untuk meredam inflasi, Perry menyebut peningkatan suku bunga acuan ini dilakukan untuk memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah agar sejalan dengan nilai fundamentalnya. Terlebih saat ini Indonesia masih berada pada ketidakpastian pasar keuangan global.

“Plus, sudah ada peningkatan permintaan ekonomi domestik yang tetap kuat,” tambah Perry.

Lebih lanjut, BI memastikan akan tetap memperkuat bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan momentum pemulihan ekonomi nasional dengan berbagai bauran kebijakan.

Antara lain, memperkuat stabilisasi nilai tukar Rupiah sebagai bagian untuk pengendalian inflasi dengan intervensi di pasar valas baik melalui transaksi spot, Domestic Non Deliverable Forward (DNDF), serta pembelian/penjualan Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



#Naikkan #Suku #Bunga #Acuan #Bps #Begini #Respons #Sri #Mulyani

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.