80 Persen Pembelian Motor secara Kredit, AHM Cermati Dampak BI7DRR

  • Share
80 Persen Pembelian Motor secara Kredit, AHM Cermati Dampak BI7DRR

Dmarket.co.id – Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur BI memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI 7-Days Repo Rate (BI7DDR) sebesar 50 basis points (bps) menjadi 4,25 persen pada Kamis (23/9). Kebijakan tersebut diambil sebagai upaya pengendalian inflasi imbas gejolak ekonomi secara global.

Terkait itu, General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor Ahmad Muhibbudin mengungkapkan kenaikan suku bunga acuan secara jangka pendek belum berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Meski begitu, ia mengakui bahwa secara jangka panjang kebijakan tersebut akan berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat.

“Kami saat ini sedang melihat dan mempelajari impact-nya seperti apa. Impact yang nyata mungkin akan terlihat ke daya beli masyarakat,” ungkap Muhibuddin dalam Workshop Wartawan Astra 2022, di Menara Astra, Jakarta Pusat, Rabu (28/9).

Muhibuddin menjelaskan, pihaknya masih terus mempelajari dan berdiskusi dengan lembaga pembiayaan terkait dampak kenaikan suku bunga acuan terhadap penjualan motor. Sebab, kata dia, penjualan motor Honda saat ini masih didominasi oleh pembelian secara kredit sebesar 80 persen.

Oleh sebab itu, guna mengantisipasi dampak jangka panjang pihaknya akan terus berdiskusi terutama dengan lembaga pembiayaan. “Jangka panjangnya akan berdampak, mungkin ini yang perlu kita pelajari. Kami akan berdiskusi dengan lembaga pembiayaan yang memang menjadi support kita dalam membantu masyarakat untuk membeli sepeda motor,” jelasnya.

Sementara itu, Muhibuddin juga membeberkan dalam jangka pendek pihaknya tidak terlalu khawatir terhadap penjualan imbas kenaikan suku bunga tersebut. Itu lantaran, Astra Honda Motor hingga saat ini masih terus memenuhi pesanan atau inden masyarakat dalam jumlah yang banyak.

“Sehingga produksi dan penjualan kami prioritaskan ke arah sana,” tandasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



#Persen #Pembelian #Motor #secara #Kredit #AHM #Cermati #Dampak #BI7DRR

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *