Pemerintah Pastikan Tarif Listrik Tidak Naik hingga Akhir Tahun 2022

  • Share
Pemerintah Pastikan Tarif Listrik Tidak Naik hingga Akhir Tahun 2022

Dmarket.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan penyesuaian tarif tenaga listrik periode Oktober-Desember 2022 atau triwulan IV bagi 13 pelanggan nonsubsidi tidak mengalami perubahan. Keputusan ini sesuai Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 3 Tahun 2020.

Dalam Permen ESDM 3/2020 dijelaskan, tarif listrik akan naik apabila terjadi perubahan terhadap realisasi indikator makro ekonomi. Seperti kurs, Indonesian crude price/ICP, inflasi, dan harga patokan batu bara/HPP, yang dihitung secara 3 bulanan.

“Pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik triwulan IV-2022 atau bulan Oktober hingga Desember 2022 untuk pelanggan nonsubsidi mengacu pada tarif triwulan III-2022 atau bulan juli hingga September 2022. Dalam arti lain, tarifnya tetap,” kata Plt. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, dalam keterangannya, dikutip Kamis (29/9).

Dadan menjelaskan, pihaknya enggan menaikkan tarif listrik dengan alasan memperhatikan kondisi masyarakat dan industri saat ini. Lebih lanjut pihaknya berharap, realisasi parameter ekonomi makro ke depannya bisa mengalami penurunan sehingga menekan biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik dan tarif tenaga listrik.

“Kementerian ESDM juga mendorong agar PT PLN (Persero) terus berupaya melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan tenaga listrik secara lebih agresif,” pungkas Dadan.

Di sisi lain, PLN juga memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik untuk menjaga peningkatan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi. Selain itu, PLN juga memastikan tidak akan menghapus golongan pelanggan daya 450 volt ampere (VA). Kemudian, tidak melakukan pengalihan daya dari 450 VA ke 900 VA sehingga tarif listrik tiap golongan tetap sama.

“Keputusan Pemerintah sudah sangat jelas, tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA dan PLN siap menjalankan keputusan tersebut. PLN tidak pernah melakukan pembahasan formal apa pun atau merencanakan pengalihan daya listrik 450 VA ke 900 VA. Hal ini juga tidak ada kaitannya dengan program kompor listrik,” ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Editor : Banu Adikara

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



#Pemerintah #Pastikan #Tarif #Listrik #Tidak #Naik #hingga #Akhir #Tahun

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version