Prosesnya Masih Panjang dan Butuh Waktu

  • Share
Prosesnya Masih Panjang dan Butuh Waktu

Dmarket.co.id – Proses perubahan status Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi BUMN terus berlanjut menyusul kebijakan pemerintah menyatukan  bank syariah milik tiga bank BUMN. Saat ini saham merah putih sudah ada di BSI, sehingga kontrol pemerintah terhadap BSI itu sangat kuat.

“Itu sebenarnya membuat posisi BSI sudah hampir mirip dengan BUMN lainnya,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (30/9).

Arya mengatakan, alasan pemerintah mendorong BSI menjadi BUMN yakni karena negara ingin mengembangkan bank syariah. Itu juga terlihat dari banyaknya masyarakat yang membutuhkan bank syariah.

“Kementerian BUMN tidak hanya sekadar membuat BUMN jadi ramping, tetapi kalau kita lihat bahwa ini bisa berkembang dan kita lihat peluangnya dan masyarakat butuh itu maka kita akan jadikan BUMN. BSI ini yang kita lihat punya peluang, jadi BSI kita dorong jadi BUMN,” ujarnya.

Dia mengakui tahapan BSI untuk menjadi BUMN, masih membutuhkan waktu. “Jadi, prosesnya masih panjang. Butuh waktu lama dan mungkin kita tidak tergesa-gesa saat ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PAN DPR RI Intan Fauzi menyatakan mendukung rencana PT Bank Syariah Indonesia Tbk menjadi Bank Badan Usaha Milik Negara (Bank BUMN). Oleh sebab itu, ia mengingatkan jajaran Direksi PT Bank Syariah Mandiri Tbk (BSI) untuk meningkatkan pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia.

“Terbentuknya PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), hasil merger antara unit usaha Syariah 3 Bank Himbara: Mandiri, BNI, BRI harus meningkatkan pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia yang masih sangat kecil,” tegas Intan Fauzi kepada wartawan, Kamis 22 September 2022.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat VI itu mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslin terbesar di dunia. Akan tetapi, cakupan atau akses bagi masyarakat muslim tersentuh dengan baik.

“BSI juga harus segera mengejar sebagai Top 10 Global Sharia Bank,” terang Intan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



#Prosesnya #Masih #Panjang #dan #Butuh #Waktu

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *