Berita  

Orangtua Kerap Kali Sepelekan Kesehatan Kulit Bayi

a1cb56175943165e221d7a5f8e18a6bb

Sebagai orangtua, memperhatikan kesehatan bayi yang dikandung atau baru lahir bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk menjaga kesehatan kulit bayi. Namun, sayangnya, seringkali orangtua kurang memperhatikan kesehatan kulit bayi dan merasa bahwa masalah ini tidak terlalu penting. Padahal, kesehatan kulit bayi sangatlah penting dan harus menjadi perhatian utama.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus memperhatikan kesehatan kulit bayi:

Kulit bayi lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi

Kulit bayi jauh lebih sensitif dan rawan terhadap infeksi dan iritasi kulit karena kulit bayi belum sepenuhnya matang dan belum menciptakan pelindung selulernya dengan baik. Selama beberapa minggu pertama kehidupannya, bayi cenderung lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi kulit.

Kulit bayi lebih tipis daripada kulit orang dewasa

Kulit bayi lebih tipis daripada kulit orang dewasa. Sehingga kulit bayi lebih mudah terbakar karena paparan sinar matahari, radikal bebas, dan bahan kimia. Kulit bayi juga kurang toleran terhadap produk yang mengandung pewangi, parfum, dan bahan kimia lainnya.

Kebiasaan buruk orangtua bisa merusak kesehatan kulit bayi

Banyak orangtua yang tidak menyadari bahwa kebiasaan buruk mereka dapat merusak kesehatan kulit bayi mereka. Misalnya, terlalu sering memandikan bayi, mencuci atau memakai produk yang mengandung bahan kimia yang keras, atau menggunakan produk yang terlalu beraroma.

Bakteri dan virus lebih mudah menyebar pada kulit bayi

Kulit bayi juga mudah menjadi tempat bagi bakteri dan virus karena lapisan selulernya yang belum matang. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kulit bayi sangatlah penting untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus pada bayi.

Kesehatan kulit bayi bisa memengaruhi kesehatan umumnya

Kulit bayi juga dapat memengaruhi kesehatan umumnya. Infeksi kulit, masalah dermatitis atau eksim pada anak-anak berisiko lebih besar terkena masalah kesehatan lain di kemudian hari. Selain itu, banyak studi telah menunjukkan bahwa kondisi kulit bayi dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka secara keseluruhan.

Dalam banyak kasus, masalah kesehatan kulit bayi dapat dihindari dengan merawat kulit bayi dengan hati-hati dan bergizi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan kulit bayi:

  1. Memilih sabun dan shampoo yang cocok untuk bayi
    Kulit bayi sangat sensitif terhadap produk kimia. Karena itu, memilih sabun dan shampoo yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit bayi.
  2. Tidak memandikan bayi terlalu sering
    Mandi terlalu sering dapat merusak keseimbangan alami minyak dan kelembaban kulit bayi. Orangtua sebaiknya memperhatikan waktu mandi dengan tepat dan jangan terlalu sering.
  3. Melembapkan kulit bayi dengan krim atau lotion (body lotion)
    Krim atau lotion (body lotion) bisa membantu menjaga kelembapan kulit bayi. Ini sangat penting karena kulit bayi membutuhkan kelembapan agar tidak terasa kering dan gatal.
  4. Memperhatikan suhu dan kelembaban ruangan
    Memperhatikan suhu dan kelembaban ruangan dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi. Ruangan yang terlalu lembab dapat menyebabkan peradangan kulit dan infeksi.
  5. Memperhatikan gizi pada bayi
    Gizi yang sehat sangat penting bagi kesehatan kulit bayi. Asupan vitamin dan nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit bayi.
  6. Tidak menggunakan produk yang terlalu beraroma
    Produk yang terlalu beraroma bisa mengiritasi kulit bayi dan merusak tekstur kulit.
  7. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan
    Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa merusak kulit bayi dan menyebabkan luka bakar. Jangan terlalu sering membawa bayi ke tempat terbuka tanpa perlindungan.
  8. Hindari membalut bayi terlalu panas
    Suhu yang terlalu panas bisa merusak keseimbangan suhu tubuh bayi. Jangan membalut bayi terlalu panas karena ini dapat memicu iritasi kulit dan bikin bayi merasa tidak nyaman.
  9. Menghindari penggunaan produk kimia yang tidak terjawab
    Gunakan produk kimia dengan hati-hati di sekitar bayi dan selalu melakukannya sesuai petunjuk. Ada banyak produk kimia yang tidak aman bagi bayi, sehingga sebaiknya hindari menggunakan bahan-bahan yang tidak jelas.
  10. Perhatikan tanda-tanda kulit bayi yang tak sehat
    Perhatikan tanda-tanda kulit bayi yang tak sehat, seperti timbulnya bintik-bintik merah atau gatal. Dehidrasi juga bisa menyebabkan kulit bayi terlihat kering dan kurang sehat. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Kesehatan kulit bayi sangatlah penting dan harus menjadi perhatian utama setiap orang tua. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, dan akan membawa perbedaan yang besar jika orang tua memberikan perhatian dan kepedulian yang cukup. Selalu mempertahankan kebersihan dan menjaga agar kulit bayi tetap sehat dan lembut akan selalu menjadi solusi terbaik untuk mencegah penyakit pada kulit bayi dan memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan sehat. Oleh karena itu, Jangan sepelekan masalah kesehatan kulit bayi.

Originally posted 2023-03-28 15:31:25.