Berita  

Yang Tidak Lolos SNBP Merapat! Coba 5 Langkah Ini untuk Raih Kampus Impian

dd7ac9bc2886f8467c7110bd04dfab03

Memasuki tahun ajaran baru, ada banyak mahasiswa baru yang bergabung dengan perguruan tinggi di Indonesia. Meskipun begitu, tidak semua mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi atau universitas impian mereka dapat berhasil lolos SNBP (Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri) atau jalur masuk reguler. Banyak mahasiswa yang merasa kecewa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Namun, jangan khawatir, masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meraih kampus impian meskipun tidak lolos SNBP. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dicoba:

Langkah 1: Pilih Jalur Masuk Non-SNBP

Jika Anda tidak lolos SNBP, opsi lain yang dapat dicoba adalah memilih jalur masuk non-SNBP. Jalur masuk non-SNBP ini biasanya membutuhkan tes tambahan atau persyaratan yang berbeda dari SNBP. Wisuda UI misalnya, memiliki jalur masuk khusus untuk mahasiswa yang bergabung di program magister tanpa SNBP.

Langkah 2: Tunggu Jalur Undangan

Beberapa perguruan tinggi juga memiliki program jalur undangan untuk mahasiswa yang lolos seleksi tertentu, seperti seleksi Olimpiade atau aplikasi magang. Jadi, salah satu cara untuk meraih kampus impian adalah dengan menunggu undangan dari perguruan tinggi yang diinginkan.

Langkah 3: Pilih Program Studi yang Berbeda

Jika universitas yang diinginkan hanya menawarkan tempat terbatas di program studi tertentu, cobalah untuk mempertimbangkan untuk berganti ke program studi yang berbeda di lingkungan yang sama. Jangan khawatir, meskipun berbeda program studi, tetap akan ada peluang untuk meraih gelar sarjana dan bahkan memperoleh perhatian dari perusahaan dan pemberi kerja.

Langkah 4: Mengikuti Ujian Mandiri

Beberapa perguruan tinggi menawarkan ujiannya sendiri bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Ujian tersebut memungkinkan mereka untuk mengambil jurusan tertentu tanpa perlu melalui seleksi nasional bersama perguruan tinggi negeri (SNBP). Ujian mandiri biasanya memiliki persyaratan tertentu dan berbeda-beda tergantung perguruan tinggi atau universitas yang diincar.

Langkah 5: Ikuti Jalur Transfer

Jika Anda sudah kuliah di perguruan tinggi atau universitas lain, Anda juga dapat menjalankan program transfer ke kampus yang diinginkan ketika memenuhi persyaratan tertentu, seperti persyaratan GPA. Ingatlah bahwa ini bukanlah jalur alternatif yang lebih mudah daripada langkah sebelumnya, karena perguruan tinggi juga akan mempertimbangkan rekam jejak akademik Anda ketika mendaftar.

Tidak lolos SNBP bukan akhir dari semua, banyak cara untuk memperoleh jenjang pendidikan yang diinginkan. Beberapa metode yang dapat dicoba seperti memilih jalur masuk non-SNBP, mengikuti ujian mandiri, menunggu undangan jalur terbuka, memilih program studi yang berbeda, atau mengikuti jalur transfer. Selalu ingat bahwa kesuksesan tidak selalu datang melalui jalur yang terdapat pada SNBP, raihlah kesuksesan Anda dengan cara Anda sendiri.

Originally posted 2023-03-28 15:47:44.