Pasangan Anies-Muhaimin Siap Mendaftar pada Hari Pertama Setelah Surat Dikirimkan ke KPU

Pasangan Anies Muhaimin Siap Mendaftar pada Hari Pertama Setelah Surat Dikirimkan

Sudah Dikirimkan Surat ke KPU, Pasangan Anies-Muhaimin Siap Daftar Hari Pertama

Di tengah berita tentang pandemi yang masih melanda, aktivitas politik tidak menjadi alasan untuk berhenti mengalir. Hal itu terbukti dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang sudah mengirimkan surat pemberitahuan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait niat mereka untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2022.

Mengirim Surat Pemberitahuan ke KPU sebagai Awal Pendaftaran

Meskipun Pilgub DKI Jakarta 2022 masih beberapa bulan lagi, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjadikan waktu sebagai kunci untuk melakukan persiapan. Salah satunya adalah dengan mengirimkan surat pemberitahuan awal ke KPU sebelum hari pendaftaran yang dibuka pada 23 Juni 2021.

Surat tersebut dikirim pada Senin, 21 Juni 2021 lalu. Dalam surat pemberitahuan awal tersebut, Anies dan Muhaimin sudah memberikan nama-nama orang yang akan menjadi tim sukses dalam Pilgub DKI 2022 nanti.

Langkah mengirimkan surat pemberitahuan ke KPU terlebih dahulu sebelum hari pendaftaran resmi dilakukan sebenarnya sudah menjadi hal yang lazim dalam proses pendaftaran calon kepala daerah. Langkah tersebut dilakukan untuk memberikan waktu bagi penyelenggara Pemilu untuk mempersiapkan segala hal yang akan dibutuhkan saat tahapan pendaftaran berlangsung.

Target Anies-Muhaimin dalam Pilgub DKI 2022

Dalam Pilgub DKI Jakarta 2022 nanti, pasangan Anies-Muhaimin berkomitmen untuk melakukan berbagai perbaikan di berbagai sektor di Jakarta. Beberapa di antaranya adalah:

  • Memperbaiki sistem transportasi di Jakarta yang menjadi salah satu masalah besar bagi warga Jakarta.
  • Membangun lapangan kerja baru dan memberikan kesempatan bagi para pengusaha kecil untuk berkembang.
  • Memperbaiki sistem kesehatan di Jakarta untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.
  • Memperbaiki kualitas pendidikan di Jakarta untuk menyediakan akses pendidikan yang sama bagi semua warga.

Dalam salah satu pernyataannya, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya dan Muhaimin Iskandar sudah siap untuk maju pada Pilgub DKI Jakarta 2022. Mereka berkomitmen untuk membawa perubahan yang signifikan bagi warga Jakarta dan memajukan kota tersebut.

Respons dari Berbagai Pihak terhadap Niat Pendaftaran Anies-Muhaimin

Meskipun Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memberikan komitmen besar untuk melakukan perbaikan di Jakarta, niat mereka untuk maju sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur juga mendapat berbagai respons dari berbagai pihak.

Salah satu yang menanggapi adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang merupakan partai yang ketika itu mendukung Anies Baswedan dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Ketua Umum PKS, Ahmad Syaikhu, mengatakan bahwa partainya akan mempertahankan koalisi yang tengah berjalan bersama Gerindra dan PAN. Ketiga partai tersebut sudah menetapkan Sandiaga Uno sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI Jakarta 2022.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar juga sempat dituduh oleh beberapa pihak sebagai bakal calon wakil gubernur yang tidak menentu. Namun, Muhaimin sendiri sudah memberikan penjelasan pada publik bahwa dirinya sudah memutuskan untuk memajukan diri sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta bersama Anies Baswedan pada Pilgub DKI Jakarta 2022.

Hari Pertama Pendaftaran

Hari pertama pendaftaran Pilgub DKI Jakarta 2022 diwarnai oleh beberapa calon yang mendaftar. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar adalah beberapa pasangan calon yang juga sudah mendaftar pada hari pertama tersebut.

Sebelumnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sempat memberikan pernyataan bahwa mereka akan datang ke kantor KPU DKI Jakarta pada pukul 10.00 WIB. Sayangnya, kedatangan mereka harus tertunda hingga pukul 13.00 WIB karena adanya kegiatan lain yang harus dijalani oleh Anies Baswedan terlebih dahulu.

Saat tiba di kantor KPU DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar langsung disambut oleh banyak pendukung dan wartawan. Dalam kesempatan kali ini, mereka menyerahkan syarat dukungan minimal yang dibutuhkan oleh KPU sebagai syarat pendaftaran sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI Jakarta 2022 nanti.

Syarat Dukungan yang Harus Dipenuhi calon Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur

Sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar harus memenuhi beberapa persyaratan dukungan yang telah ditentukan oleh KPU. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya adalah:

  • Memiliki dukungan minimal dari 10 partai politik atau 15 persen dukungan sah dari total suara pada pemilihan legislatif 2019.
  • Memiliki dukungan minimal dari 1 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pada TPS.

Setelah hari pertama pendaftaran berlalu, KPU akan melakukan verifikasi syarat dukungan yang sudah dipenuhi oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasangan calon tersebut memang layak menjadi peserta Pilgub DKI Jakarta 2022.

Situasi Pasca Pendaftaran

Saat ini, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar masih menunggu hasil verifikasi syarat dukungan dari KPU. Namun, Anies dan Muhaimin tetap optimis bahwa mereka akan bisa lolos dan berpartisipasi pada Pilgub DKI Jakarta 2022 nanti.

Meskipun masih ada banyak tahapan yang harus dilewati sebelum Pilgub DKI Jakarta 2022 berlangsung, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah menyiapkan berbagai program yang akan menjadi perhatian bagi warga Jakarta di masa depan. Keduanya berjanji akan membawa perubahan yang signifikan bagi Jakarta dan memajukan kota tersebut ke depannya.

Kesimpulan

Proses pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nampaknya terus berlangsung meski baru pada tahapan pemberitahuan awal ke KPU. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menjadi salah satu pasangan yang sudah menunjukkan komitmen besar dalam memperbaiki berbagai sektor di Jakarta jika terpilih nanti.

Selanjutnya, pasangan ini akan menunggu hasil dari verifikasi syarat dukungan oleh KPU sebelum akhirnya bertarung dalam Pilgub DKI Jakarta 2022. Meskipun masih panjang jalan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tetap memperlihatkan semangat dan optimisme untuk membawa perubahan bagi kota Jakarta ke depannya.

Original Post By Dmarket