Berita  

Pertamina Terapkan Digitalisasi Penyaluran LPG subsidi 3 kg

9261286ff5bdf81cfca2ecf6dbc5a11f

Pertamina, selaku Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi, kembali melakukan inovasi untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pasokan bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari. Salah satu inovasinya adalah dengan mengoptimalkan digitalisasi penyaluran LPG subsidi 3 kg.

Mengapa Digitalisasi Diperlukan?

Kebutuhan masyarakat akan tabung gas selama pandemi COVID-19 meningkat tajam. Untuk itu, Pertamina mencoba melakukan terobosan baru dengan menerapkan digitalisasi.

Digitalisasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan LPG subsidi 3 kg secara cepat dan aman.

Bagaimana Sistem Digitalisasi LPG Subsidi 3 Kg Berjalan?

Sistem digitalisasi LPG subsidi 3 kg yang diterapkan oleh Pertamina ini dilakukan secara online. Masyarakat dapat melakukan pemesanan dan memilih lokasi penjemputan melalui aplikasi MyPertamina atau melalui website resmi Pertamina.

Dalam melakukan pemesanan, masyarakat akan diminta untuk memilih tanggal dan jam penjemputan serta lokasi penjemputan yang telah disediakan Pertamina.

Setelah melakukan pemesanan, masyarakat akan menerima nomor pesanan yang dapat dipantau oleh masyarakat melalui aplikasi MyPertamina atau website resmi Pertamina.

Saat waktu penjemputan tiba, masyarakat dapat mengambil produk LPG subsidi 3 kg di lokasi yang telah dipilih sebelumnya.

Apa Keuntungan dari Digitalisasi Penyaluran LPG Subsidi 3 Kg?

Digitalisasi penyaluran LPG subsidi 3 kg memberikan beberapa keuntungan bagi masyarakat, antara lain:

1. Efektifitas dan efisiensi dalam pengiriman LPG subsidi 3 kg. Dalam sistem digitalisasi, pengiriman LPG subsidi 3 kg dilakukan sesuai dengan permintaan masyarakat yang telah dipesan terlebih dahulu.

2. Penyaluran LPG subsidi 3 kg dilakukan secara online, sehingga masyarakat tidak perlu repot datang ke lokasi penjualan.

3. Dapat menghindari kerumunan dan mencegah penularan COVID-19. Dalam sistem digitalisasi, masyarakat dapat mengambil produk LPG subsidi 3 kg secara mandiri dengan jarak yang aman dari kerumunan.

4. Pemesanan dapat dilakukan secara cepat dan mudah, tanpa perlu mengantri di lokasi penjualan.

Siapa Saja Yang Berhak Mendapatkan LPG Subsidi 3 Kg?

LPG subsidi 3 kg hanya diperuntukkan bagi masyarakat dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Miskin (KKS), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Masyarakat dapat memanfaatkan kartu-kartu tersebut untuk memperoleh LPG subsidi 3 kg dengan harga yang lebih murah.

Untuk mendapatkan LPG subsidi 3 kg, masyarakat harus membawa kartu tersebut ke lokasi penjualan dan menunjukkan kartu sebagai bukti bahwa mereka memenuhi syarat sebagai penerima subsidi.

Berapa Harga LPG Subsidi 3 Kg?

Harga LPG subsidi 3 kg yang ditetapkan oleh Pertamina adalah Rp 16.500 per tabung. Harga ini jauh lebih murah dibanding harga pasar yang berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per tabung.

Bagaimana Cara Memeriksa Ketersediaan LPG Subsidi 3 Kg di Lokasi Terdekat?

Masyarakat dapat memeriksa ketersediaan LPG subsidi 3 kg di lokasi terdekat dengan menggunakan aplikasi MyPertamina atau website resmi Pertamina. Setelah memasukkan data lokasi, aplikasi MyPertamina atau website resmi Pertamina akan menampilkan daftar lokasi terdekat yang menyediakan LPG subsidi 3 kg.

Untuk memastikan ketersediaan LPG subsidi 3 kg, masyarakat dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelum melakukan penjemputan.

Bagaimana Cara Mendaftar untuk Mendapatkan LPG Subsidi 3 Kg?

Masyarakat yang ingin mendapatkan LPG subsidi 3 kg harus terlebih dahulu memenuhi syarat sebagai penerima subsidi. Masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai penerima subsidi dapat membawa kartu KIP, KKS, atau KIS ke lokasi penjualan LPG subsidi 3 kg.

Setelah tiba di lokasi penjualan, masyarakat dapat menunjukkan kartu tersebut sebagai bukti bahwa mereka memenuhi syarat sebagai penerima subsidi.

Selanjutnya, masyarakat dapat melakukan pemesanan LPG subsidi 3 kg secara online melalui aplikasi MyPertamina atau website resmi Pertamina.

Bagaimana Cara Mengambil LPG Subsidi 3 Kg?

Setelah melakukan pemesanan, masyarakat dapat mengambil LPG subsidi 3 kg di lokasi yang telah dipilih sebelumnya pada tanggal dan jam yang telah tertera di nomor pesanan.

Masyarakat harus membawa nomor pesanan dan menunjukkan nomor tersebut kepada petugas penjualan. Setelah itu, petugas akan memberikan tabung LPG subsidi 3 kg yang telah dipesan sebelumnya.

Apakah Ada Batasan pada Jumlah Pemesanan LPG Subsidi 3 Kg?

Ya, ada batasan pada jumlah pemesanan LPG subsidi 3 kg yang dibatasi maksimal 3 tabung per pemesanan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasokan LPG subsidi 3 kg dapat tersedia secara merata untuk seluruh masyarakat.

Apakah Sistem Digitalisasi ini Telah Diluncurkan Secara Nasional?

Ya, sistem digitalisasi penyaluran LPG subsidi 3 kg telah diluncurkan secara nasional pada tahun 2021. Seluruh masyarakat yang berhak mendapatkan LPG subsidi 3 kg dapat memanfaatkan sistem digitalisasi untuk memperoleh pasokan LPG subsidi 3 kg yang lebih cepat, mudah, dan aman.

Dengan mengoptimalkan sistem digitalisasi, Pertamina berharap dapat mengurangi penjualan LPG subsidi 3 kg yang dilakukan oleh para spekulan atau penimbun yang merugikan masyarakat dengan harga yang mahal.

Originally posted 2023-04-10 15:05:18.

Exit mobile version