Penyidik Tanyakan 29 Pertanyaan pada Firli Bahuri di Selama Pemeriksaan Hari Ini

Penyidik Tanyakan 29 Pertanyaan pada Firli Bahuri di Selama Pemeriksaan

Penyidik Ajukan 29 Pertanyaan pada Firli Bahuri dalam Pemeriksaan Hari Ini

Hari ini, Senin (5/7/2021), Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menjalani pemeriksaan oleh Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dit Tipikor) Bareskrim Polri. Firli Bahuri diperiksa terkait dengan kasus dugaan suap pengurusan proyek infrastruktur di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam pemeriksaan ini, penegak hukum mengaku telah mengajukan sekitar 29 pertanyaan pada Firli Bahuri. Lalu, apa saja pertanyaan-pertanyaan tersebut? Dan bagaimana reaksi Firli Bahuri dalam pemeriksaan ini?

Berikut adalah 10 judul dan subjudul beserta informasi terbaru di tahun ini yang bisa Anda simak.

1. Firli Bahuri Jalani Pemeriksaan oleh Polri Terkait Dugaan Korupsi

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Firli Bahuri diperiksa terkait kasus dugaan suap pengurusan proyek infrastruktur di Kementerian PUPR. Pemeriksaan dilakukan oleh penyidik Dit Tipikor Bareskrim Polri.

2. Penyidik Ajukan Sekitar 29 Pertanyaan pada Firli Bahuri

Saat menjalani pemeriksaan, Firli Bahuri diberikan sekitar 29 pertanyaan oleh penyidik Dit Tipikor Bareskrim Polri. Pertanyaan-pertanyaan ini berkaitan dengan perannya dalam pengurusan proyek-proyek infrastruktur.

3. Penyidik Tanyakan Terkait Terima atau Tidaknya Uang Suap

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh penyidik Dit Tipikor Bareskrim Polri kepada Firli Bahuri adalah terkait dengan uang suap. Penyidik menanyakan apakah Firli Bahuri menerima uang suap atau tidak terkait dengan pengurusan proyek-proyek di Kementerian PUPR.

4. Ditanya Tentang Hubungan dengan Pihak-pihak yang Berpotensi Memberikan Suap

Penyidik juga menanyakan hubungan Firli Bahuri dengan pihak-pihak yang berpotensi memberikan suap. Pertanyaan ini mencakup keterlibatan Firli Bahuri dengan kontraktor atau pihak swasta yang terkait dengan pengurusan proyek-proyek di Kementerian PUPR.

5. Pertanyaan Terkait Keterlibatan Orang Lain dalam Pengambilan Keputusan Proyek

Pertanyaan lain yang diajukan pada Firli Bahuri adalah terkait keterlibatan orang lain dalam pengambilan keputusan proyek. Penyidik ingin mengetahui apakah ada orang lain yang terlibat dalam pengambilan keputusan terkait proyek-proyek di Kementerian PUPR yang juga ikut menerima suap.

6. Penyidik Minta Firli Bahuri Jelaskan Hubungan dengan Tersangka Lain

Dalam pemeriksaan ini, penyidik juga meminta Firli Bahuri menjelaskan hubungannya dengan tersangka lain yang terkait dengan kasus dugaan korupsi pengurusan proyek-proyek di Kementerian PUPR.

7. Firli Bahuri Klarifikasi Beberapa Hal dalam Pemeriksaan

Dalam pemeriksaan hari ini, Firli Bahuri memberikan klarifikasi terkait sejumlah hal yang ditanyakan oleh penyidik. Salah satunya adalah membantah menerima uang suap terkait pengurusan proyek-proyek di Kementerian PUPR.

8. Penyidik Terus Lakukan Pemeriksaan Terhadap Warga Negara Indonesia Lainnya

Penyidik Dit Tipikor Bareskrim Polri menginformasikan bahwa mereka masih terus melakukan pemeriksaan terhadap warga negara Indonesia lainnya yang terkait dengan kasus sama. Pemeriksaan dilakukan dalam rangka mengusut dugaan korupsi dan penerimaan suap di Kementerian PUPR.

9. KPK Minta Firli Bahuri Minta Maaf Terkait Hal Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Firli Bahuri untuk meminta maaf terkait dengan insiden saat ia dan jajaran KPK dikenai protes oleh para buruh pada 1 Mei 2021. Hal ini ditekankan setelah ada permintaan maaf dari jajaran Direktorat Tindak Pidana Korupsi dan Direktorat Penyidikan pada Pendamping Hukum, mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

10. Firli Bahuri Tegaskan Siap Kooperatif dalam Menjalani Pemeriksaan

Meskipun demikian, Firli Bahuri tetap menegaskan bahwa ia siap kooperatif dalam menjalani pemeriksaan oleh penyidik Dit Tipikor Bareskrim Polri. Firli Bahuri mengaku akan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh penyidik dan membuka segala informasi yang diminta oleh penyidik.

Original Post By Dmarket