Berita  

Indahnya Ramadhan di Lapas Siantar

Indahnya Ramadhan di Lapas Siantar

Puasa Ramadhan adalah momen suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, Ramadhan sangat dirayakan dengan berbagai tradisi yang khas, termasuk di Lapas Siantar. Memasuki tahun 2021, meski masih dilanda pandemi Covid-19, Lapas Siantar tetap mengadakan serangkaian kegiatan untuk merayakan indahnya Ramadhan. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

1. Pelaksanaan Tarawih

Guna mengisi waktu selama bulan Ramadhan, Lapas Siantar mengadakan pelaksanaan sholat tarawih. Seluruh warga binaan Lapas diwajibkan untuk mengikuti pelaksanaan tarawih di dalam Lapas. Pelaksanaan tarawih dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan sehingga warga binaan dapat beribadah dengan aman dan nyaman.

2. Kegiatan Baca Al-Quran

Di samping pelaksanaan sholat tarawih, Lapas Siantar juga mengadakan kegiatan membaca Al-Quran. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga binaan serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Warga binaan Lapas Siantar yang mengikuti kegiatan baca Al-Quran akan mendapatkan pahala berlipat ganda di bulan Ramadhan yang mulia ini.

3. Ceramah Agama

Nuansa bulan suci Ramadhan semakin terasa di Lapas Siantar melalui kegiatan ceramah agama. Ceramah agama dilakukan oleh pengasuh dan tokoh agama yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang betapa indahnya bulan suci ini. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan ceramah agama ini yang membuat warga binaan Lapas Siantar semakin bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

4. Pembagian Takjil

Setiap malam di bulan Ramadhan, Lapas Siantar mengadakan pembagian takjil. Takjil adalah makanan ringan atau minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Pembagian takjil dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga warga binaan Lapas Siantar dapat menikmati takjil dengan aman dan nyaman.

5. Kegiatan Kreatifitas

Ramadhan tak hanya tentang ibadah, namun juga tentang kegiatan kreatifitas. Lapas Siantar mengadakan kegiatan kreatifitas seperti pentas seni dan karya tulis. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas warga binaan Lapas Siantar. Selain itu, kegiatan kreatifitas juga dapat menjadi wahana untuk menyalurkan bakat dan hobi warga binaan Lapas Siantar.

6. Kegiatan Bakti Sosial

Indahnya Ramadhan dapat dirayakan dengan berbagai kegiatan sosial. Di Lapas Siantar, warga binaan aktif terlibat dalam kegiatan bakti sosial seperti memberikan santunan untuk anak yatim. Kegiatan bakti sosial ini menunjukkan kesadaran sosial dari warga binaan Lapas Siantar dalam mempersembahkan kebaikan bagi sesama.

7. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri

Puasa Ramadhan berakhir dengan hari raya Idul Fitri yang dirayakan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, termasuk para warga binaan Lapas Siantar. Lapas Siantar mengadakan pelaksanaan shalat Idul Fitri secara bersama-sama guna merayakan kemenangan dalam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

8. Pembagian Makanan Khas Idul Fitri

Tradisi hari raya Idul Fitri tak lengkap tanpa makanan khas Idul Fitri. Oleh karena itu, Lapas Siantar mengadakan pembagian makanan khas Idul Fitri seperti ketupat, opor ayam, dan rendang. Pembagian makanan khas Idul Fitri dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga warga binaan Lapas Siantar dapat menikmati hidangan khas Idul Fitri dengan aman dan nyaman.

9. Kegiatan Pemotongan Hewan Kurban

Indahnya momen Idul Adha dirasakan oleh warga binaan Lapas Siantar melalui kegiatan pemotongan hewan kurban. Kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat sehingga dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

10. Kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan

Di bulan Agustus, seluruh rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Di Lapas Siantar, warga binaan mengadakan kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan seperti mengibarkan bendera dan tetap menjaga tradisi merah putih di lingkungan binaan Lapas Siantar.

Kesimpulan

Bulan suci Ramadhan hadir sebagai amal ibadah bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Lapas Siantar seolah-olah melakukan rebranding dengan membuka ragam kegiatan selama Ramadhan agar warga binaan mampu mengisi waktu dengan kegiatan yang memiliki unsur positif serta keagamaan sehingga mampu merasakan keberkahan. Dari berbagai kegiatan yang telah disebutkan, dapat kita lihat betapa Lapas Siantar berhasil merayakan bulan suci Ramadhan dengan indah dan penuh keberkahan serta harmoni dengan seluruh warga binaan. Semoga Lapas Siantar senantiasa sukses merayakan bulan suci Ramadhan dengan lebih berwarna lagi tahun-tahun berikutnya.

Original Post By Dmarket