Legowo Bacawapres Anies dari Luar Koalisi, PKS: Asalkan… – Dmarket.co.id

Pemilihan Presiden 2024 semakin dekat, dan pertarungan politik pun mulai memanas. Sejumlah tokoh dan partai politik mencoba untuk mengusung kandidat mereka agar dapat menduduki posisi tertinggi di negeri ini. Salah satu tokoh yang menjadi perbincangan hangat adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Ahok, yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), diiming-imingi untuk maju sebagai calon presiden atau wakil presiden pada Pemilu 2024.

Ahok Bakal Dipasangkan dengan Anies?

Isu ini semakin terkuat setelah muncul kabar bahwa Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, bersedia mengusung Ahok sebagai pasangan calon wakil presidennya. Namun, isu ini pun mendapat penolakan dari beberapa partai politik, seperti PKS, yang menjadi koalisi Anies pada Pilkada DKI 2017 lalu.

PKS menyatakan bahwa mereka tidak mau Anies berpasangan dengan Ahok dalam Pemilu 2024 mendatang. Alasannya, PKS merasa bahwa Ahok dinilai tidak memenuhi syarat sebagai wakil presiden karena sudah pernah dipenjara dan dinyatakan melakukan tindakan penistaan agama.

Legowo Bacawapres Anies dari Luar Koalisi

Namun, Anies punya jawaban yang cukup mengejutkan. Ia menyatakan legowo jika harus mencari calon wakil presiden dari luar koalisi yang ia bangun bersama PKS dan Gerindra. Hal ini disampaikan Anies saat Ia berbincang-bincang dengan beberapa awak media di Balai Kota DKI Jakarta, pada Januari 2021.

“Kalau PKS punya mekanisme mereka sendiri, tentu kita hormati, kita hargai. Kita tunggu saja. Yang penting, saya ingin pasangan calon wapres yang merupakan putera terbaik bangsa, yang kredibel dan punya niat baik untuk bangsa,” ujarnya.

Menurut Anies, siapapun calon wakil presidennya nanti, ia meminta agar selalu mengutamakan kepentingan bangsa di atas segalanya. Pasangan calon presiden dan wakil presiden, kata dia, harus bisa berkomunikasi dan bekerja dengan baik demi kepentingan masyarakat.

Ahok Anggap Anies Tak Perlu Kompromi

Kendati begitu, Ahok enggan berkomentar terlalu banyak soal isu ini. Ia menegaskan bahwa keputusan pasangan calon presiden dan wakil presiden sepenuhnya adalah kewenangan partai politik. Ahok sendiri tidak memiliki kedekatan spesial dengan Anies, sehingga ia tak merasa perlu untuk melakukan kompromi apapun.

“Saya bukan politikus, saya bukan orang yang merasakan intro-intro, karena saya tidak ada kaitannya dengan dunia politik lagi, kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta.

Namun, Ahok tampak berharap bahwa nantinya ada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dapat bekerja dengan sukarela dan juga berkomunikasi dengan baik.

Latar Belakang Legowo Bacawapres Anies dari Luar Koalisi

Sikap legowo Anies jika harus mencari calon wakil presiden dari luar koalisi bukanlah hal yang baru dalam dunia politik. Hal ini sebenarnya sudah dilakukan pada Pilkada DKI 2017 lalu, ketika Anies maju sebagai calon gubernur dari jalur independen. Ketika itu, Anies mencari calon wakil gubernur dari luar koalisinya karena partai politik yang mendukungnya, yang memang enggan berkompromi pada saat itu.

Pencarian Wakil Gubernur DKI dari Luar Koalisi

Saat itu, Anies pun mencari wakil gubernur dari luar koalisinya. Ia menemukan Sandiaga Uno, seorang pengusaha muda yang memiliki latar belakang pendidikan di Amerika Serikat. Sandi pun kemudian bergabung sebagai calon wakil gubernur Anies, dan keduanya meraih suara terbanyak pada Pilkada DKI 2017 lalu.

Keberhasilan Anies dan Sandiaga Uno tersebut kemudian menjadi momentum besar bagi partai politik di Indonesia. Mereka mulai melirik kandidat lain di luar partai politik untuk menjadi calon pemimpin negeri ini.

Kesan Terhadap Anies dan Sandiaga Uno

Anies dan Sandiaga Uno dikenal sebagai pasangan yang mampu menyita perhatian publik di Pilkada DKI 2017 lalu. Mereka menjadi pasangan yang cukup kuat berkat adanya dukungan dari sejumlah partai politik, walaupun Anies sendiri tetap mempertahankan independennya. Banyak yang mengharapkan bahwa di Pemilu 2024, pasangan Anies-Ahok atau Anies dengan calon wakil presiden di luar koalisi dapat mengulang keberhasilan mereka pada Pilkada DKI 2017 lalu.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Legowo Bacawapres Anies dari Luar Koalisi, PKS: Asalkan… yang sudah di-update dengan informasi terbaru di tahun ini. Isu metat janji politik di negeri ini memang selalu menjadi perbincangan hangat dan menjadi sorotan publik. Namun, semoga saja apapun keputusan yang diambil oleh para pemimpin negeri ini dapat menghasilkan kebaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

 

Original Post By Dmarket