Lewat Ukraina AS Ikut Berkontribusi pada Kematian Rakyat Rusia – Dmarket.co.id

43031 09482829042023 Lynne Tracy

Pada tahun 2023, Ukraina mengalami krisis politik dan konflik yang berkembang menjadi perang saudara. Sejak itu, banyak korban tewas dan terluka, termasuk warga sipil dari kedua belah pihak. Namun, tidak hanya Ukraina yang mengalami kerugian, tetapi juga Rusia.

AS adalah salah satu negara yang memainkan peran penting dalam krisis Ukraina. Sejak awal konflik, AS telah mengadopsi kebijakan tekanan ekonomi dan diplomasi terhadap Rusia sebagai tanggapan atas aneksasi Krimea oleh Rusia pada tahun 2014. Banyak dari kebijakan ini bertujuan untuk memperkuat Ukraina dan memperlemah Rusia.

Namun, ada persoalan penting yang terabaikan dari konflik dan tekanan yang diberikan kepada Rusia oleh AS. Dalam jangka panjang, antara AS dan Rusia, warga sipil Rusia juga yang menderita akibat tekanan ekonomi dan politik yang diberikan AS.Kebijakan ini berefek ke orang-orang biasa, menghancurkan ekonomi, dan menimbulkan tingkat harga yang tinggi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana tekanan ekonomi dan politik AS terhadap Rusia, melalui isu Ukraina, berkontribusi pada kematian dan penderitaan rakyat Rusia.

1. Pengenalan Konflik Ukraina dan Rusia

Konflik antara Rusia dan Ukraina bermula dari aneksasi semenanjung Krimea oleh Rusia pada tahun 2014. Ini diikuti dengan dukungan Rusia terhadap separatisme di wilayah Donetsk dan Lugansk di Ukraina timur. Konflik tersebut menyebabkan korban jiwa di kedua belah pihak dan telah menyebabkan kerusakan infrastruktur yang signifikan.

AS dan Uni Eropa mengambil tindakan keras terhadap tindakan Rusia dengan memberlakukan sanksi ekonomi dan politik. Tindakan ini diambil untuk memperkuat posisi Ukraina dan memberikan tekanan pada Rusia agar menghentikan campur tangan militer di Ukraina.

2. Dampak Sanksi Ekonomi AS pada Rusia

Sanksi ekonomi AS telah berdampak signifikan pada perekonomian Rusia. Salah satu dampaknya adalah menurunnya nilai rubel terhadap dollar AS, karena kebanyakan perdagangan Rusia dengan negara-negara Barat dilakukan dalam dollar AS. Selain itu juga, kebijakan ini mengakibatkan gangguan pada hubungan perdagangan Rusia dengan negara-negara lainnya, karena perusahaan-perusahaan Rusia kesulitan untuk mendapat akses ke pasar global.

Selain dampak ekonomi, sanksi juga membawa dampak sosial bagi rakyat Rusia. Harga barang makanan dan kebutuhan rumah tangga meningkat tajam, sehingga menurunkan daya beli rakyat Rusia. Sektor pariwisata Rusia juga terkena dampak dengan menyusutnya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Rusia, sehingga menimbulkan kerugian pada industri tersebut.

3. Ketergantungan Rusia pada Energi

Rusia adalah salah satu negara produsen energi terbesar di dunia, dengan gas alam sebagai sumber energi terbesar di negara itu. Namun, Rusia sangat bergantung pada pendapatan dari ekspor energi ke negara-negara Eropa, terutama melalui pipa gas alam.

Kebijakan sanksi AS telah menyebabkan penurunan permintaan gas alam Rusia, sehingga menurunkan pendapatan Rusia dari ekspor gas alam. Selain itu, diversifikasi energi di Eropa mengancam posisi dominan Rusia sebagai pemasok utama gas alam ke negara-negara Eropa.

4. Dampak Kesehatan dari Sanksi

Sanksi ekonomi yang diberlakukan AS terhadap Rusia juga berdampak pada sektor kesehatan di Rusia. Di antara bahaya yang terjadi, sanksi mendorong harga barang-barang medis menjadi mahal dan menimbulkan sulitnya akses penduduk Rusia ke perawatan medis.

Selain itu, sanksi membuat bahan-bahan kimia dan obat-obatan sulit untuk didapatkan, karena banyak perusahaan asing yang mencari pasar di Rusia. Implikasinya bagi pasien serta petugas medis yang membutuhkan berbagai obat dan bahan berbahaya untuk melakukan tindakan pembedahan, diagnosa, dan pengobatan serta penanganan trauma sulit dilaksanakan.

5. Dampak Lingkungan dari Sanksi

Sanksi ekonomi juga membawa dampak lingkungan, terutama pada pembangunan infrastruktur dan alat transportasi di Rusia. Ketergantungan Rusia pada energi fosil dan gas alam yang tinggi menjadikan dampak sanksi ekonomi terhadap lingkungan semakin kompleks.

Sanksi ini membuat kebijakan pemerintah Rusia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mempertimbangkan energi terbarukan sulit untuk dicapai. Selain itu, sulitnya mendapat investasi dan teknologi terbaru juga menghambat kemajuan lingkungan di Rusia.

6. Posisi Rusia Terhadap Pemerintah Ukraina

Kebijakan AS dan Uni Eropa dalam mendukung Ukraina dianggap sebagai campur tangan eksternal dalam konflik Ukraina. Dalam pandangan Rusia, keterlibatan AS dan Uni Eropa dalam masalah Ukraina memperlemah posisi Rusia sebagai kekuatan regional.

Selain itu, pemerintah Rusia juga memandang kebijakan AS sebagai tindakan provokatif dan agresif yang membahayakan keamanan nasional Rusia. Hal ini telah memberikan legitimasi bagi teror melalui kebijakan internal yang lebih ketat yang dilaksanakan oleh pemerintah Rusia.

7. Rakyat Rusia Terjebak dalam Konflik

Dalam konflik Ukraina, baik Rusia maupun Ukraina sama-sama memiliki warga sipil yang menjadi korban. Walau terdapat banyak laporan tentang pengiriman sukarelawan dan pasukan Rusia ke Ukraina, tetapi semua warga Rusia tidaklah terlibat dalam konflik.

Banyak rakyat Rusia yang mengalami kesulitan ekonomi dan kehilangan pekerjaan akibat sanksi ekonomi yang diberlakukan AS. Jika konflik terus berlanjut, dampaknya akan memperburuk situasi ekonomi dan sosial di Rusia dan menjadi ancaman bagi stabilitas dan keamanan di seluruh dunia.

Dalam isu Ukraina, AS berperan dalam memberikan tekanan politik dan ekonomi kepada Rusia. Sanksi ekonomi dan tekanan diplomatik AS berdampak besar pada perekonomian Rusia, dan memiliki dampak sosial, lingkungan, dan kesehatan bagi rakyat Rusia.

Namun, dalam perdebatan ini, kelompok masyarakat sipil di Rusia kadang sering diabaikan. Konflik dan tekanan yang diberikan AS juga berdampak pada warga sipil di Rusia, yang seringkali menjadi korban yang terabaikan. Oleh karena itu, solusi jangka panjang yang melibatkan kedua belah pihak harus dicari untuk mengatasi masalah ini dan mewujudkan perdamaian serta keberlanjutan untuk masa depan yang lebih cerah.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-04-29 03:50:41.