Berita  

Menpora Dukung Penuh Reli Danau Toba dan Bukit Lawang Trail Run – Dmarket.co.id

image0

Menpora, Zainudin Amali menyatakan dukungan penuhnya terhadap penyelenggaraan acara Reli Danau Toba dan Bukit Lawang Trail Run yang akan dilangsungkan di 2023 ini. Acara tersebut bisa menjadi ajang promosi pariwisata yang positif dan memiliki dampak besar bagi perekonomian di sekitar wilayah Sumatera Utara.

Menpora mengungkapkan bahwa keragaman alam Sumatera Utara dan keindahan alamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, acara seperti ini perlu diselenggarakan secara berkala untuk mempromosikan pariwisata di wilayah tersebut.

Reli Danau Toba akan diselenggarakan pada bulan Mei dan menampilkan rute lari yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan tak tertandingi. Partisipan akan mengikuti rute dari Danau Toba sampai ke Pemandian Aek Rangat, dengan jarak total sepanjang 117 km.

Sementara itu, Bukit Lawang Trail Run akan dilangsungkan pada bulan Agustus dan menampilkan rute lari melintasi hutan hujan tropis. Partisipan akan berlari sepanjang 42 km melewati jalan setapak dan berbagai rintangan, sambil menikmati keindahan Bukit Lawang dan reruntuhan candi di sekitarnya.

Kedua acara tersebut diharapkan dapat menarik banyak wisatawan lokal dan internasional, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah setempat.

Alam Sumatera Utara yang Menakjubkan

Sumatera Utara adalah provinsi di Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Tempat-tempat indah selalu memukau wisatawan dalam dan luar negeri. Dua acara lari di Sumatera Utara telah dirancang untuk memanfaatkan potensi wisata ini, antara lain Reli Danau Toba dan Bukit Lawang Trail Run.

Wisatawan yang mengunjungi Sumatera Utara akan menemukan hamparan gunung dan lembah yang luar biasa, air terjun yang menakjubkan, dan lautan biru yang membentang luas. Jangan lewatkan juga keindahan Danau Toba, satu-satunya danau krater vulkanik terbesar di dunia, di samping reruntuhan candi kuno dan lembah Bukit Barisan.

Di samping keindahan alam, Sumatera Utara juga memiliki kekayaan budaya. Banyak tempat bersejarah di Sumatera Utara yang bisa dikunjungi, seperti istana-istana mewah kerajaan Batak, Gereja Santo Thomas, dan Batu Zaman. Kebanyakan tempat ini juga merupakan bagian dari acara lari yang terselenggara di Sumatera Utara.

Reli Danau Toba: Spekatakuler Sejauh 117 KM

Reli Danau Toba adalah acara lari sepanjang 117 km dari Danau Toba menuju Pemandian Aek Rangat. Rute lari yang tersedia cukup spektakuler, dan menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Peserta akan memasuki hutan-hutan sempit di sekitar Danau Toba, dan kemudian berlari di jalan-jalan setapak. Kemudian, peserta akan melewati kota Samosir yang indah dan menuju ke daerah Tampahan di Parapat. Kemudian keindahan alam yang tersembunyi akan menuju ke Desa Pardomuan Bunga di Kabupaten Dairi.

Peserta kemudian akan memasuki wilayah Pemandian Aek Rangat yang terkenal dengan keindahan air terjunnya. Akhirnya, peserta akan menyeberangi titik finish setelah melewati rute yang akan menjadi pengalaman luar biasa.

Bukit Lawang Trail Run: Lari di Hutan Hujan Tropis

Bukit Lawang Trail Run adalah acara lari yang memungkinkan peserta berlari sejauh 42 km melintasi hutan hujan tropis. Rute lari menawarkan pemandangan alam yang lebih indah dan menantang seiring dengan meningkatnya jarak lari.

Peserta akan berlari melintasi hutan hujan tropis, dengan jalan setapak yang akan melewati beberapa sungai kecil. Rute pada akhirnya akan menunjukkan reruntuhan candi kuno di sekitar Bukit Lawang.

Acara lari ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan pengalaman baru, dan menikmati keindahan alam Sumatera Utara sambil berlari.

Tanggal Pelaksanaan Acara Lari 2021

Reli Danau Toba dijadwalkan berlangsung pada tanggal 7-9 Mei 2021, sedangkan Bukit Lawang Trail Run dijadwalkan pada tanggal 28-29 Agustus 2021.

Persiapan Wisatawan untuk Mengikuti Acara Lari

Para peserta yang tertarik untuk mengikuti acara lari di Sumatera Utara harus memperhatikan beberapa hal penting, yaitu:

1. Memastikan kondisi kesehatan fisik yang baik
2. Memastikan diri dalam kondisi fisik yang prima
3. Menyiapkan persiapan perlengkapan yang sesuai untuk jarak lari yang akan ditempuh, seperti sepatu lari, pakaian khusus, minuman, dan makanan yang sehat
4. Mematuhi semua tata cara pelaksanaan acara
5. Mendaftar dan mengetahui informasi lebih lanjut tentang acara sesuai deadline pendaftaran yang ditentukan.

Dukungan Partisipan dan Penonton Setempat

Setiap tahun, partisipan dan penonton setempat sangat mendukung acara lari di Sumatera Utara. Mereka memberikan dukungan yang luar biasa dengan ikut berpartisipasi dalam acara dan menonton para peserta meraih mimpi mereka.

Kontribusi Positif untuk Perekonomian Daerah

Acara lari menarik banyak wisatawan baik lokal maupun internasional, dan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian lokal. Sektor perhotelan, kuliner, transportasi, dan perdagangan biasanya mengalami peningkatan aktivitas selama acara diadakan.

Dukungan penuh Menpora untuk acara lari Reli Danau Toba dan Bukit Lawang Trail Run sangat penting untuk mempromosikan pariwisata Sumatera Utara. Potensi alam dan budaya provinsi ini menawarkan pengalaman yang unik bagi para wisatawan. Mengikuti acara lari tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dengan pemandangan alam yang indah dan turunannya yang menantang.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-04-28 21:49:57.