Tanggapi Laporan PP Muhammadiyah, Polisi Panggil Peneliti BRIN Thomas Djamaludin – Dmarket.co.id

949340 12572928042023 Ramadhan Karo Penmas

Penelitian di bidang sains dan teknologi adalah bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Namun, dalam beberapa kasus, peneliti dapat dihadapkan pada tantangan etis dan moral. Inilah yang terjadi pada peneliti BRIN Thomas Djamaludin yang baru-baru ini dipanggil polisi setelah Muhammadiyah melaporkannya atas tuduhan tindakan plagiarisme.

1. Siapa Thomas Djamaludin?

Thomas Djamaludin adalah peneliti pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan saat ini menjabat sebagai Ketua Kelompok Ahli Bidang Biologi Komputasi. Ia telah berkontribusi dalam penelitian di bidang bioinformatika, genomika, dan metagenomika, serta memperoleh beberapa penghargaan atas karyanya.

2. Laporan PP Muhammadiyah

PP Muhammadiyah melaporkan Thomas Djamaludin ke Kepolisian karena dugaan tindakan plagiarism dalam publikasi ilmiahnya. Organisasi keagamaan ini menilai bahwa tindakan plagiarisme menjadi tindakan yang merugikan publikasi ilmiah serta menjunjung tinggi etika di dunia akademik.

3. Reaksi dari Thomas Djamaludin

Thomas Djamaludin menganggap laporan yang dilayangkan oleh PP Muhammadiyah tersebut adalah upaya untuk menghentikan penelitiannya di bidang biologi komputasi. Dalam unggahan di akun Twitternya, Thomas Djamaludin mempertanyakan motif di balik laporan ke polisi tersebut.

4. Reaksi dari Kepolisian

Kepolisian telah memanggil Thomas Djamaludin serta beberapa saksi untuk dimintai keterangan terkait laporan dari PP Muhammadiyah. Menurut Wakapolres Metro Jakarta Timur, Thomas Djamaludin sedang diperiksa terkait dugaan tindakan plagiarisme pada publikasi ilmiahnya.

5. Apa itu Plagiarisme?

Plagiarisme adalah menjiplak dan menyalin sebagian atau seluruh karya tanpa menyebutkan sumber asli. Hal ini melanggar etika dan kehormatan ilmiah karena perbuatan tersebut dianggap sebagai pencurian intelektual.

6. Apa Yang Dilakukan PP Muhammadiyah Tepat?

Melaporkan dugaan plagiarisme yang dilakukan oleh peneliti tertentu adalah tindakan yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mendorong etika dan meningkatkan integritas di dunia akademik dan dunia penelitian. Namun, tindakan tersebut harus didasarkan pada bukti yang kuat dan dilakukan dengan tanggung jawab serta transparan.

7. Apa Dampak dari Kasus Ini?

Kasus ini sangat besar dampaknya terhadap reputasi dari Thomas Djamaludin sebagai seorang peneliti ternama di Indonesia. Selain itu, kasus ini juga memicu debat tentang etika penelitian dan hak kekayaan intelektual dalam dunia ilmiah.

8. Akhir Kata

Plagiarisme adalah tindakan yang merugikan publikasi ilmiah dan dunia akademik. Oleh karenanya, diperlukan upaya untuk mendorong etika dan integritas di dunia penelitian. Namun, upaya tersebut harus dilakukan dengan tanggung jawab dan transparan untuk mencegah penyalahgunaan dan kesalahpahaman.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-04-27 18:48:16.